Jumat, 08 April 2011

Cara Agar Khusu Ketika Sembahyang (sholat)

Assalamualaikum wr.wb ....

Alhamdulillah ketemu lagi di berita berikutnya, berita kali ini saya ingin sedikit berbagi dengan pembaca semua bagaimana sih agar sembahyang shalat kita bisa lebih fokus atau khusu alias terbebas dari fikiran-fikiran luar. Saya pribadi atau anda mungkin yang ketika shalat sering terganggu oleh pemikiran-pemikiran yang bersifat diluar ketentuan shalat sehingga terkadang lupa akan sudah berapa rekaat kita shalat atau lupa – lupa yang lainnya. Hal ini tentunya dikarenakan kita tidak fokus ataupun hal ini biasanya terjadi ketika kita melaksanakan shalat dalam keadaan yang kurang fit khususnya fikiran kita. Bahkan hal-hal seperti ini terkadang terjadi disaat kita sedang berwudhu. Semoga tips-tips singkat yang berdasarkan pengalaman saya pribadi berikut dapat membantu anda dalam melakasanakan ibadah shalat secara lebih baik agar pahala yang didapat pun lebih maksimal lagi.

1. RASAKAN TIAP USAPAN AIR KETIKA WUDHLU

Tips yang pertama adalah ketika kita berwudhu selain niat yang terpenting adalah juga kita harus meresapi air yang mengalir dan mengusap pada bagian tubuh yang kita basuh ketika berwudhu.kenapa? agar kita dapat merasakan bahwa air yang membasuh tubuh kita benar-benar telah membersihkan kotoran yang ada pada bagian tubuh yang kita wudhu tersebut.

2. FOKUSKAN MATA PADA SATU TITIK DIMANA DAHI KITA BERSUJUD

Ini merupakan satu cara yang saya rasa ampuh untuk menolak masuknya fikiran dan pengaruh dari luar ketika kita menjalankan ibadah shalat. Yaitu dengan cara menatap dan “memaku” mata kita pada satu titik dimana dahi kita akan kita sujudkan. Baik ketika kita dalam posisi berdiri,sujud ,ruku,maupun tahiyat pastikan mata anda tetap fokus pada titik pasti itu sehingga anda bisa tetap khusu mengingat dan berhadapan dengan Allah SWT.

Mungkin hanya itu yang bisa saya bagi untuk pembaca semua diberita kali ini,mohon maaf jika ada kesalahan,semata-mata hanya bermaksud untuk saling berbagi tentang apa yang saya alami dan lakukan agar hendaknya dapat diambil manfaat nya untuk pembaca semuanya.



Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak !